Lengkap!!!Tajuk Rencana dan Contoh Soalnya

Tajuk Rencana dan Contoh Soal


Tajuk rencana adalah artikel pokok dalam surat kabar yang merupakan pandangan redaksi terhadap peristiwa yang sedang menjadi pembicaraan pada saat surat kabar itu diterbitkan. Dalam tajuk rencana biasanya diungkapkan adanya informasi atau masalah aktual, penegasan pentingnya masalah, opini redaksi tentang masalah tersebut, kritik dan saran atas permasalahan, dan harapan redaksi akan peran serta pembaca.

Pernyataan fakta dan opini ini biasanya diutarakan secara singkat, logis, menarik ditinjau dari segi penulisan dengan tujuan untuk mempengaruhi pendapat/ menerjemahkan berita yang menonjol agar pembaca menjadi menyimak seberapa penting berita tersebut. Fungsi tajuk rencana biasanya menjelaskan berita, artinya, dan akibatnya pada masyarakat.

Tajuk rencana juga mengisi latar belakang dari kaitan berita tersebut dengan kenyataan sosial dan faktor yang mempengaruhi dengan lebih menyeluruh. Dalam tajuk rencana terkadang juga ada ramalan atau analisis kondisi yang berfungsi untuk mempersiapkan masyarakat akan kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi, serta meneruskan penilaian moral mengenai berita tersebut.

Ciri-Ciri Tajuk Rencana
·  Berisi opini redaksi tentang peristiwa yang sedang hangat dibicarakan
·  Berisi ulasan tentang suatu masalah yang dimuat
·  Biasanya berskala nasional, berita internasional dapat menjadi tajuk rencana, apabila berita tersebut memberi dampak kepada nasional
·   Tertuang pikiran subjektif redaksi

Aspek-Aspek yang Menjadi Fokus dalam ajuk Utama/Rencana
·         Judul
·         Latar Belakang Masalah
·         Tokoh
·         Masalah
·         Peristiwa yang Disampaikan
·         Opini Penulis
·         Saran dan Solusi Permasalahan
·         Kesimpulan
·         Sumber Berita
·         Anggota Redaksi

Bacalah kutipan tajuk rencana berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2! (UN 2016)
Kendali dan pengawasan laut di perairan Indonesia masih sangat lemah karena minimnya anggaran operasional kapal pengawas laut. Yang lebih menyedihkan, anggaran operasional untuk pengawasan laut, dari tahun ke tahun, terus menurun. Jika sebelumnya masih bisa 200 hari dari 365 hari operasional setahun, sekarang hanya 120 hari saja. Menteri Kelautan dan Perikanan mengungkapkan di Malang, Jawa Timur, Minggu (8/6) bahwa untuk sekitar 5,58 juta kilometer persegi wilayah laut Indonesia, hanya terdapat 27 kapal untuk operasional pengawasan. Bahkan, yang lebih memprihatinkan, untuk mengawasi kawasan Zona Eksklusif Ekonomi hanya ada tujuh kapal. Pemerintah seharusnya dapat mengucurkan anggaran yang lebih realistis untuk pengawasan laut perairan Indonesia.
1. Opini penulis dalam kutipan tajuk tersebut adalah ….
A. Minimnya anggaran operasional kapal menjadi masalah dalam pengawasan laut.
B. Pengawasan laut di perairan Indonesia sangat memprihatinkan karena kinerja menteri yang buruk.
C. Anggaran operasional untuk pengawasan laut terus-menerus setiap tahun.
D. Pemerintah seharusnya dapat mengucurkan anggaran yang lebih realistis.
E. Pengawasan laut di perairan Indonesia sangat lemah karena pengawas tidak menjalankan tugas dengan baik.

2. Pihak yang dituju oleh penulis dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah ….
A. Departemen Kelautan dan Perikanan
B. Menteri Kelautan dan Perikanan
C. Petugas pengawasan laut perairan Indonesia
D. Pecinta lingkungan
E. Pemerintah Indonesia

Cermati tajuk rencana berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4! (UN 2015)
Penggunaan jasa penerbangan tentu berharap semua maskapai mencapai standar keselamatan excellent. Berbeda dengan bus kota yang boleh mogok di tengah jalan, bagi transportasi udara, kerusakan mesin dan kekavauan system pascalepas adalah dosa terbesar.  Maskapai penerbangan tidak boleh terjebak dalam tariff. Liberalisasi dalam pasar bebas tidak berarti kebebasan dalam mematikan pesaing dalam menerapkan tariff serendahrendahnya. Karena kalau itu yang terjadi, standar keselamatan dikorbankan, maskapai penerbangan sejatinya tengah mematikan pengguna jasa dalam arti harfi ah.
3. Opini penulis yang terungkap dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah ….
A. Maskapai penerbangan harus memiliki standar keselamatan dan tidak boleh terjebak dalam perang tariff.
B. Transportasi udara yang mengalami kerusakan mesin merupakan bencana dan dosa besar.
C. Maskapai penerbangan tidak boleh melakukan liberalisasi dalam pasar bebas.
D. JIka standar keselamatan dikorbankan sejatinya telah menerapkan tariff serendah- rendahnya.
E. Selama ini maskapai penerbangan terusmenerus menyeramkan bagi pengguna jasa.

4. Keberpihakkan penulis dalam kutipan tajuk rencana adalah kepada ….
A. maskapai penerbangan
B. pengusaha penerbangan
C. pengguna jasa penerbangan
D. pemerintah
E. pengelola penerbangan

Cermati tajuk rencana berikut untuk menjawab soal nomor 5! (UN 2013)
Disebut “jalur khusus” karena ia mempersyaratkan kemampuan finansial dalam jumlah tertentu selain proses seleksi akademis itu sendiri. Jalur ini berada di luar mekanisme pintu seleksi reguler melalui Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Gejala komersialisasi di tubuh PTN diimperatifkan oleh kecenderungan semakin besarnya kuota penerimaan calon mahasiswa baru dari “jalur khusus” (Setiap PTN mempunyai nomenklatur masing-masing untuk jalur seleksi mandiri) ini dibandingkan kuota untuk SNMPTN.  Dengan memberlakukan Biaya Opersasional PTN, lembaga pendidikan tinggi (Khusus PTN) diharapkan mengembalikan hakikatnya. Lembaga pendidikan sudah semestinya tidak membeda-bedakan apa pun, apalagi kemampuan materi. Lembaga pendidikan justru sudah seharusnya berada di barisan terdepan menentang segenap kebijakan dan perlakuan diskriminatif. Dalam hal ini negaralah yang mesti menjamin akses semua warga negara terhadap pendidikan, lewat pembiayaan pendidikan berbasis anggaran negara.
5. Opini penulis pada tajuk rencana tersebut adalah ....
A. Jalur mandiri di PTN merupakan jalur seleksi untuk calon mahasiswa sendiri.
B. Jalur khusus di PTN merupakan jalur seleksi akademik yang diselenggarakan di PTN.
C. Jumlah mahasiswa jalur mandiri di PTN sebanding dengan kuota SNMPTN.
D. Jalur pendidikan tinggi semestinya harus dibeda-bedakan.
E. Jalur pendidikan seharusnya terdepan dalam menentang kebijakan dan perlakuan diskriminatif.

UN 2012
 Tajuk berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan 6. Cermatilah dengan saksama! Pendidikan yang dulu diperjuangkan matimatian oleh para pejuang kemerdekaan agar seluruh rakyat mendapatkan hak yang sama, ternyata masih milik segolongan orang tertentu. Setiap tahun ajaran baru selalu muncul keganjilan berulang-ulang yakni kebingungan orangtua mencari sekolah untuk anaknya. Ternyata keganjilan itu muncul karena masalah lama belum tuntas.
Standarisasi sekolah masih belum jelas sehingga menimbulkan kasta-kasta dalam pendidikan. Sistem kasta tersebut membuat para orangtua berlomba-lomba untuk mendapatkan sekolah berkasta tinggi. Bahkan, mereka rela mengeluarkan biaya besar agar anaknya bisa masuk di sekolah favorit. Sementara, banyak siswa yang tidak bisa masuk ke sekolah favorit bukan karena kurang pandai melainkan mereka tidak mampu membayar biaya sekolah yang tinggi. Inilah ironi pendidikan di Indonesia.
6. Opini penulis dalam tajuk tersebut adalah ....
A. Seluruh rakyat mendapatkan hak pendidikan yang sama.
B. Pemerataan pendidikan telah diperjuangkan mati-matian.
C. Pendidikan masih menjadi milik segolongan orang tertentu.
D. Standarisasi pendidikan akan menimbulkan keganjilan.
E. Sekolah berkasta tinggi memerlukan biaya yang tinggi.

7. Permasalahan opini dalam kutipan tersebut ditujukan kepada ....
A. Pemerintah                                     D. Orangtua
B. Pendidik                                         E. Rakyat
C. Pelajar

UN 2011
Bacalah kutipan tajuk rencana berikut dengan saksama! 
Transportasi tidak pernah lepas dari aktivitas manusia dalam menjalankan hidup. Transportasi tidak hanya menjadi hal yang lumrah ada di setiap komunitas manusia karena semakin lama, kualitas dan pengaruhnya terhadap kehidupan mulai menjadi perhatian.
Kini transportasi merupakan salah satu indikator kemajuan sebuah komunitas, kawasan, atau wilayah. Bahkan, menjadi salah satu indikator penilaian suatu daerah berhasil atau tidak menjalankan otonomi daerah. Beberapa wilayah yang sebelumnya tidak pernah tersentuh oleh jalan beraspal, setelah otonomi daerah, jalan-jalan kampung pun diaspal.  Masalah transportasi ini tidak saja menjadi beban pemerintah untuk memperbaiki dan mengadakan secara fisik, tetapi juga pengaturannya sangat berpengaruh karena transportasi merupakan penentu kemajuan kehidupan manusia.
8. Simpulan pendapat penulis yang sesuai dengan isi tajuk rencana adalah ....
A. Pemerintah seharusnya memerhatikan kerusakan jalan
B. Transportasi yang baik dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat
C. Dengan adanya otonomi daerah, jalan di kampung-kampung sudah diperbaiki
D. Transportasi merupakan penentu kemajuan kehidupan manusia
E. Lancarnya transportasi dapat meningkatkan komunikasi

UN 2010
Bacalah tajuk berikut ini secara cermat!
Partai politik yang menang dalam pemilu legislatif, terutama yang memperoleh suara yang signifi kan, kini mulai gencar mengadakan lobi-lobi politik. Mereka berusaha untuk memperoleh bagian kekuasaan yang cukup besar di dalam pemerintahan mendatang. Paling tidak mendapatkan beberapa kursi kementerian. Lobi-lobi demikian memang tidak salah. Bukankah tujuan mendirikan partai dan berkoalisi adalah untuk memperoleh kekuasaan? Yang kita harapkan dalam koalisi adalah partai-partai politik tetap memerhatikan kepentingan rakyat. Koalisi harus dibangun di atas dasar kesamaan program kerja. Koalisi juga seyogianya tidak hanya sebatas calon presiden dan calon wakil presiden, tetapi juga pos-pos kementerian. Hal itu harus disampaikan kepada rakyat, termasuk susunan kabinet bayangan. Susunan kabinet bayangan sangat penting diketahui oleh rakyat karena boleh jadi program pemerintah sangat baik, namun bila menterinya kurang mampu, hasilnya juga pasti tidak maksimal. Bila susunan kabinet bayangan disampaikan kepada rakyat, mereka akan menilai mana koalisi yang bisa memajukan bangsa dan menyejahterakan  rakyat.
9.  Opini penulis tajuk tersebut adalah ....
A. Koalisi yang dibangun partai-partai politik harus didasarkan atas kepentingan rakyat.
B. Koalisi partai pemenang pemilu akan menghasilkan susunan kabinet bayangan baru.
C. Partai-partai politik peserta pemilu akan memperoleh beberapa kursi di kementerian.
D. Susunan kabinet bayangan berasal dari koalisi-koalisi partai pemenang pemilu tahun ini.
E. Rakyat hendaknya memilih calon presiden dan calon wakil presiden yang layak dan berwibawa

UN 2009
Cermati paragraf berikut!          
Pemerintah dapat saja melakukan “deklarasi”, telah membebaskan anak dari biaya sekolah, seperti SPP dan uang buku. Akan tetapi, uang pendaftaran belum masuk ke dalam komponen yang dibebaskan. Jika kita serius bermaksud mencerdaskan kehidupan bangsa, sudah seharusnya pemerintah melakukan intervensi. Maksudnya, siapa pun yang mendaftar masuk SD dan SMP harus mampu. Caranya, semua kebutuhan sekolah, termasuk komponen yang dijadikan penghitungan dalam pendaftaran sekolah, harus ditanggung pemerintah. Kalau tidak, pemerintah berkewajiban membantu orang tua yang tidak mampu untuk mendaftarkan anaknya sekolah.      
10.  Simpulan pendapat penulis pada cuplikan tajuk rencana tersebut adalah ...
A. Pemerintah melakukan “deklarasi” membebaskan anak biaya sekolah.
B. Sudah seharusnya pemerintah melakukan intervensi.
C. Siapa pun yang mendaftar masuk ke SD dan SMP harus mampu.
D. Semua kebutuhan sekolah harus ditanggung pemerintah.
E. Pemerintah berkewajiban membantu orang tua yang tidak mampu.

UN 2008
Bacalah penggalan tajuk rencana berikut!         
(1) Badan kependudukan PBB atau United Population Fund (UNPF, dulu UNFPA), Rabu 27 Juni 2007, menerbitkan laporan tentang kependudukan dunia. (2) Laporan tersebut menyebutkan lebih dari setengah penduduk dunia atau 3,3 miliar akan tinggal di kawasan perkotaan pada tahun 2008. (3) Jumlah ini diperkirakan akan meningkat menjadi lima miliar pada tahun 2030. (4) Penghuni baru perkotaan ini adalah keluarga berpenghasilan rendah. (5) Kalau saja tidak dilakukan langkah responsif, banyak kota yang tidak akan mampu menampung pertumbuhan cepat tersebut. (6) Penyebabnya bukan migrasi, tetapi pertumbuhan alami dengan jumlah kalahiran lebih banyak daripada jumlah kematian.      
11.  Kalimat yang merupakan opini penulis tersebut pada nomor ...
A. (1) dan (2)                                                  D. (4) dan (5)
B. (2) dan (3)                                                  E. (5) dan (6
C. (3) dan (4)

UN 2007
Bacalah teks berikut dengan saksama!
Beberapa waktu yang lalu banjir besar melanda Jakarta. Ribuan rumah tenggelam. Kerugian mencapai 39,5 milyar rupiah dan menelan korban 10 orang meninggal. Seorang penduduk di luar Jakarta menyurati redaksi sebuah surat kabar. Surat tersebut berisi pernyataan terhadap kondisi Jakarta. Menurutnya, Jakarta ternyata tidak seperti kota Metropolitan yang selama ini terlihat megah dalam sinetron. Orang Jakarta mengatakan bahwa banjir yang melanda Jakarta kiriman dari Bogor, orang Bogor membantahnya. Mereka menyatakan bahwa yang membuat kerusakan adalah orang Jakarta sendiri dengan menggusur petani dan membuat vila dan hotel di Puncak.
12.  Masalah yang diungkapkan dalam tajuk rencana tersebut adalah ...
A. Banjir meianda Jakarta sehingga menimbulkan banyak kerugian.
B. Jakarta selama ini terlihat megah dalam sinetron.
C. Banjir yang melanda Jakarta adalah kiriman dari Bogor.
D. Masyarakat Jakartalah yang membuat kerusakan.
E. Orang Jakarta menggusur petani membuat vila dan hotel di Puncak. 

13.  Opini pada tajuk rencana tersebut terdapat pada kalimat ...
A. Sepuluh orang meninggal dalam banjir tersebut.
B. Seorang penduduk luar Jakarta menyurati redaksi sebuah surat kabar.
C. Orang Jakarta mengatakan bahwa banjir kali ini merupakan kiriman dari Bogor.
D. Kerugian mencapai 39,5 milyar dan sepuluh orang meninggal.
E. Beberapa waktu yang lalu banjir besar melanda Jakarta.

UN 2006
Bacalah dengan cermat tajuk rencana berikut! TAJUK RENCANA 
(1) Kedua lembaga tinggi negara itu sedang berebut kewenangan dan juga eksistensi. DPR maupun DPD mempunyai hak untuk mendengarkan pidato kenegaraan dan penyampaian nota keuangan yang disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 15 Agustus mendatang. (2) Suka tidak suka, sesuai dengan aturan perundangan inisiatif, penataan hubungan antarlembaga negara yang baru harus dilakukan DPR. Merekalah yang berhak untuk membuat undang-undang yang mengatur semua itu agar bisa berjalan dengan baik. (3) Memang muncul pertanyaan, apakah DPR memiliki tokoh-tokoh yang memiliki sikap kenegarawanan? Mereka mau berbesar hati untuk kemungkinan kehilangan wewenangnya, demi terciptanya sebuah Indonesia yang baru, dengan format dan lembaganya yang baru? (4) Tentunya kita harus mendesakkan hal itu. Sekali lagi, karena kita tidak mungkin berlama-lama berada da|am ketegangan dan ketidakpastian. (5) Masukan dari para ahli hukum tata negara mempunyai jarak dan tidak partisan sangat dibutuhkan. Sekali lagi, karena persoalan ini adalah persoalan kita bersama sebagai bangsa. Hanya kita sendirilah yang bisa menyelesaikan. Namun, syaratnya ada kemauan dari kita semua untuk melakukan itu. 

14.  Masalah yang disoroti tajuk rencana tersebut adalah …
A. Pembagian tugas DPR dan DPD secara tegas.
B. DPR dan DPD saling berebut kewenangan. 
C. Cara menciptakan sebuah negara yang baru. 
D. Kondisi berada dalam ketegangan dan ketidakpastian
E. Persoalan-persoalan yang terjadi dalam pemerintahan. 

15.  Simpulan yang sesuai dengan isi tajuk adalah .... 
A.  Persengketaan DPR dan DPD tentang kewenangan merupakan persoalan kita bersama dan tidak boleh dibiarkan berlama-lama. 
B.  DPR dan DPD memiliki kewenangan yang sama dan seharusnya tidak boleh dipersengketakan bersengketa.
C.  Sikap kewarganegaraan anggota DPR sangat diperlukan untuk menciptakan sebuah Indonesia baru dengan format dan lembaganya yang baru. 
D.  DPR adalah lembaga legislatif yang berhak membuat undang-undang agar semua berjalan dengan baik. 
E. Munculnya pertanyaan tentang sikap kenegaraan yang dimiliki anggota DPR dan kewenangannya. 

16.  Opini dalam teks tersebut adalah nomor....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (4)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel