5+ Modal Dasar Menulis Artikel Blog, Kamu Wajib Tau itu!

5+ Modal Dasar Menulis Artikel Blog, Kamu Wajib Tau itu!

wrte blog

Hallo ketemu lagi dengan admin Kuskus Pintar. Setelah membahasa motivasi menulis artikel, kali ini saya akan bocorkan apa saja modal dasar untuk menulis artikel. Jika kamu belum membaca artikel sebelumnya, yuk klik disini....

Berbagai macam sumber menyebutkan tentang modal apa saja yang diperlukan, bahkan blogger terkenalpun ikut bercuit mengenai hal ini. Dari banyaknya sumber tersebut akan saya rangkum menjadi 6 modal dasar menulis artikel blog.

Apa saja 6 hal tersebut ? oke cekidot...

1.    Niat

"Innamal a’maalu bin niyyah” (Sesungguhnya amal itu tergantung dengan niat).

Kamu ingin tulisanmu bermanfaat? Maka niatkan dulu dari hati. Aktivitas blogging tidak akan terlaksana manakala kamu belum berniat, niatkan dulu atau tekadkan dulu dalam diri agar mau menulis sebuah artikel blog.

2.    Punya Materi

Modal menulis artikel yang kedua adalah materi (dukungan secara nyata) seperti peralatan untuk mengetik dan mampu menggunakannya. Artikel perlu ditulis, bisa menggunakan handphone, komputer, laptop ataupun notebook yang pasti semuanya tersambung internet agar dapat di-posting. Jika kamu belum punya laptop, sebenarnya bisa menggunakan hp atau bisa rental laptop, paling tidak kamu berusaha mencari kebutuhan tersebut. Sebenarnya harga laptop saat ini sudah semakin terjangkau, bahkan ada yang bisa dibeli secara kredit. Jaman semakin mempermudah kita, kok kita malah merasa sulit. Cari saja yang murah yang penting happy dan dapat bermanfaat.

3.    Punya Semangat untuk Sukses

Teman saya saja ketika membangun sebuah usaha harus memiliki tekad “semangat untuk sukses” lho, masa kita sebagai blogger nggak (kan malu haha). Ini merupakan aspek terpenting dari modal menulis sebuah artikel blog, kita harus memiliki tekad dan kemauan yang keras disertai dengan kerja cerdas. Artikel tidak bisa secara mudah untuk diperoleh, kecuali kalau kamu punya banyak uang bisa membeli atau bahkan memperkerjakan freelancer. Bahkan orang yang berduit itupun masuk dalam kategori semangat menuju sukses, iya mereka semangat mengeluarkan uang demi menguangkan blognya. Kita sebagai blogger yang merintis karir di dunia blog perlu bekerja keras mulai dari input hinggan output. Intinya mari kita semangat, ntah apapun tujuanmu menulis.

4.    Profesional dalam Menulis

Menulis artikel berarti tahan dengan sifat “baper” atau bawa perasaan. Seorang blogger harus pintar memilah apa yang perlu ditulis dan apa yang tidak perlu, seperti tidak mencampurkan masalah pribadi dengan topik yang sedang dibahas. Dalam kata lain penulis dituntut memiliki kemampuan intelektual yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, logika, daya nalar dan lain-lain. Pandai menulis sesuai fakta yang ada, bukan malah menyuguhkan informasi simpang siur (alias hoax). Kita harus profesional.

5.    Hobi Baca

Ada yang bilang “Buku adalah jendela ilmu” itu benar adanya, jika kamu ingin menambah ilmu maka yang dibaca adalah buku. Aktivitas menulis artikel membutuhkan yang namanya ilmu. Kamu bisa saja menulis tanpa ilmu, akan tetapi artikel tersebut akan jauh lebih bermanfaat jika yang disodorkan adalah sebuah ilmu. Buku saat ini sudah sangat mudah untuk diraih, tak perlu merogoh kocek, kita dapat membaca buku dari berbagai sumber salah satunya internet. Coba tanyakan pada om gugel, dia tau banyak dan bahkan menyimpan banyak buku (ebook). Jadi, makin sering baca maka semakin banyak ilmu.

5+. Kekinian

Kamu generasi apa ? generasi Z atau millenial ? Atau jangan-jangan kamu generasi micin (wahhh generasi jaman now dong). Menjadi seorang blogger tentunya kamu dituntut peka terhadap perubahan termasuk jaman. Bukan berarti kamu harus alay dan lebay, tetapi maksudnya kita harus update atas perubahan jaman. Bahasa Indonesia juga berubah, maka kamu perlu tau itu. Sekarang bukan lagi jaman Ejaan Van Ophuysen yang menulis huruf “u” dengan hurus “oe”. Ingat semua hal berkembang, maka seorang blogger sebelum menulis artikel tidak boleh kuper.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel