Ini Dia Macam-macam Motivasi Menulis Artikel Blog yang Bikin Matamu Melek!

menulis blog

Saat membaca artikel beberapa blog, Anda pastinya merasakan suasana yang berbeda-beda. Bahasa gaulnya sih ada semacam aura tertentu gitu. Ada aura kontes, aura jualan, media perjuangan, ajang narsis dan sebagainya. Yang pasti, nggak ada Aura Kasih (karena dia kabur duluan sebelum diburu wartawan infotainment). Ini adalah hal yang wajar mengingat motivasi tiap blogger itu berbeda-beda. Bahkan pada satu blog yang sama pun bisa berubah motivasi pada waktu yang berbeda. Hal ini saya maklumi sebagai dinamika blogging yang terus berkembang. Toh, tidak ada yang statis di dalam dunia blogging. Perubahan ergantung situasi, kondisi dan musim yang sedang trend yang sedang berkembang di jagat blogosphere. Apa saja motivasi itu?

1. Duit.

Blog tidak hanya soal tulis-menulis kemudian update postingan, tetapi blog juga dapat dimonetisasi. Jika blog Anda memiliki konten yang menarik serta SEO yang bagus pastinya akan berpeluang mendapatkan pundi-pundi rupiah atau dollar. Misalnya: jualan produk affiliasi, iklan baris, slot banner, kontes SEO, paid per review, lomba ngeblog, menjadi travel blogger dan lain-lain. Maka tak heran, jika banyak bermunculan dummy blog yang menyajikan beragam info menarik dengan berjubelnya link iklan. Benar atau benar ? Memang duit bisa melatarbelakangi  segala hal termasuk motivasi untuk menulis artikel blog.

2. Personal Branding.

Bagi seorang penulis buku, motivator, travel blogger perlu meningkatkan personal branding begitupun beberapa profesi lainnya. Di dunia yang serba canggih ini, tidak ada alasan seseorang untuk mengeluh dalam meningkatkan kualitas dirinya. Motivasi ini ada karena seseorang membutuhkan ketenaran dan mendapat nama baik dalam satu komunitas tertentu. Konten-konten blog sengaja diciptakan untuk membentuk persepsi pembaca agar percaya kepada kapasitas dan kapabilitas yang dimiliki sang pemilik blog. Dengan cara ini mereka dapat meraup ketenaran sehingga dapat diterima oleh banyak orang sebagai penulis, atau motivator dan lain-lain.

3. Eksistensi diri.

Manusia memiliki banyak karakter dan manusia pula pasti ingin kehadirannya diakui di masyarakat. Ada kalanya aktivas ngeblog itu sengaja dilakukan hanya untuk menunjukkan bahwa dirinya masih ada dan layak mendapat perhatian. Seseorang akan melakukan berbagai cara agar dirinya dapat eksis dan diakui kehadirannya. Caranya pun beragam, mulai dari yang standar hingga yang paling nekat atau ekstrim akan dilakukan. Percaya atau tidak manusia memang butuh perhatian, hanya kadar setiap orang itu berbeda-beda.

4. Kesamaan pemikiran.

Dalam memenuhi kebutuhan tak jarang manusia memiliki kesamaan dalam mencapainya, ntah itu kesamaan visi ataupun misi kehidupan. Ketika manusia memiliki kesamaan inilah dapat dengan mudah tercapai jika membangun suatu komunitas blog. Dengan adanya komunitas blog, mereka yang memiliki kesamaan dapat membangun citra bagi blogger yang berada di luar area komunitas.

5. Menyimpan dan berbagi ilmu.

Sadarkah Anda jika otak memiliki keterbatasan? Tentu, manusia sungguh tidak dapat menyimpan semua memori yang ada, maka seorang blogger perlu yang namanya penyimpanan eksternal seperti menuliskan informasi yang ingin disimpan melalui artikel. Informasi ini tidak hanya sebagai konsumsi pribadi, namun diharapkan dapat berbagi kepada sekitar agar lebih bermanfaat bagi pengunjung.

6. Penghibur diri.

Ketika saya galau ataupun stres, terapi yang ampuh adalah menulis. Seperti halnya seseorang yang diambang batas kesabaran normalnya maka ketika tidak segera dilampiaskan ke hal yang positif tentu dapat menyebabkan sesuatu yang “tidak-tidak”. Cobalah untuk menulis beberapa kata lalu rangkailah sebuah kalimat, dan sambung terus hingga membentuk sebuah artikel. Selain bisa menambah artikel yang Anda tulis, Anda pun memperoleh manfaat plus-plusnya yaitu melepas stress. Maka wajar bila banyak bermunculan blog pribadi dengan niche kehidupan sehari-hari, blog curhat yang kadang menjadi wadah untuk mentertawai diri sendiri hahaha. Hayoo Andakah itu?

7. Amal Jariah.

Tulisan tidak hanya dapat disimpan lalu disebarkan saja, lebih dari itu Anda dapat memperoleh pahala karena kamu berhasil memberikan manfaat kepada orang yang membutuhkan. Sebagian blogger memanfaatkan teknologi sebagai media dakwah dan syiar agama. Maka terlahirlah blog-blog religi yang tidak pernah lelah saling mengingatkan kita akan adanya kehidupan yang lebih kekal di akhirat nanti. Karena mereka yakin dengan menulis kemudian membagikannya dapat menjadi salah satu amal jariah. Amal jariah atau amalan yang tidak putus hingga kiamat nanti adalah ilmu yang bermanfaat. Maka yuk menulis!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel